Cara Melindungi Kartu Kredit Anda dari Penipuan Jual Beli Online

person adminfolder_openTeknologiaccess_time August 22, 2017

Memiliki kartu kredit memang menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Selain memudahkan kegiatan jual beli, adanya kartu kredit juga membuat anda tidak perlu membawa uang cash kemana-mana. Bahkan saat ini, anda juga dapat melakukan transaksi jual beli online dengan menggunakan kartu kredit.

Transaksi jual beli secara online, selain memberikan beragam kemudahan juga menyimpan berbagai resiko di dalamnya. Salah satunya adalah penipuan kartu kredit. Untuk menghindari kemungkinan penipuan kartu kredit, ada beberapa hal yang mesti anda lakukan. Di antaranya adalah:

  • Berhati-hati dengan email yang masuk

Seorang penipu dapat mengicar data kartu kredit anda melalui sebuah email. Entah itu email promosi atau email apapun yang meminta data rekening atau kartu kredit. Jika anda menerima email semacam itu, maka akan lebih baik jika anda mengabaikannya. Anda tentu saja tidak ingin mengalami banyak kerugian hanya karena sebuah email yang menggiurkan yang mengambil data kartu kredit anda.

Jika anda menggunakan layanan gmail sebagai alamat email anda, biasanya email semacam ini akan secara otomatis masuk ke folder spam. Dan akan lebih baik lagi jika anda mempelajari modus yang dijalankan oleh para penipu ini dan memberi tahu kepada kerabat, teman, atau kepada netizen mengenai pengalaman yang anda rasakan. Sehingga tidak ada lagi orang yang mengalami nasib serupa.

  • Berhati-hati saat mendaftar website

Beberapa website akan meminta anda untuk mengisi data agar dapat terdaftar sebagai anggota website tersebut. Tetapi, website yang aman tidak akan meminta anda untuk mengisi data yang sensitif seperti data rekening atau kartu kredit. Karena itu, jika anda mendaftar ke suatu website dan website tersebut meminta anda untuk mengisi data sensitif, maka sebaiknya anda segera berhenti dan membatalkan pendaftaran ke website tersebut.

  • Perhatikan saat membeli barang

Kartu kredit juga dapat menjadi sarana anda melakukan transaksi jual beli. Akan tetapi, pastikan kartu kredit senantiasa berada di tangan anda, dan jangan sekali-kali menyerahkannya pada penjual. Beberapa penjual ada yang dengan sengaja menukar kartu kredit anda dengan kartu kredit lain dan kemudian menyalahgunakannya. Karena itu, sebaiknya anda berhati-hati saat melakukan proses jual beli dengan menggunakan kartu kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>