3 Jenis Beras Organik yang Kaya Akan Kandungan Gizi

person adminfolder_openKulineraccess_time November 28, 2017

 

Beras menjadi sumber bahan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, sebagai bahan makanan pokok maka tak heran jika seandainya banyak diantara masyarakat yang pengeluarannya lebih besar untuk membeli beras ini dibandingkan dengan bahan lauk pauk yang lainnya. Namun sering kali juga konsumsinya secara berlebih juga memicu berbagai macam masalah kesehatan. Mengingat tak bisa dipungkiri bahwa dalam penanamannya, sebenarnya banyak bahan kimia yang dipakai untuk menumbuhkan padi tersebut. Sebagian diantaranya menempel dan mengkontaminasi beras sehingga menyebabkan dampak jangka panjang oleh yang mengkonsumsinya. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat kemudian memilih untuk mengkonsumsi beras organik.

Seperti namanya produk organik ini memang ditanam secara alami, biasanya tanpa menggunakan bahan kimia atau obat-obatan dalam proses penanamannya, lebih mengutamakan pupuk alami sehingga tidak mengkontaminasi produk yang dihasilkan. Meskipun jika melihat dari segi rupanya sendiri juga tak sebagus beras biasa, karena tak jarang diantaranya yang hancur atau termakan oleh ulat. Namun meskipun demikian namun kandungan gizi dan manfaat yang didapatkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beras biasa.

Bahkan jika melihat harganya di pasaran, maka beras organik ini ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan beras pada umumnya. Adapun beberapa jenis beras alami atau organik yang banyak dijual di pasaran, diantaranya adalah:

  1. Beras hitam, beras dengan warna hitam memang sangat jarang dimanfaatkan untuk dikonsumsi secara langsung, melainkan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jajanan atau roti, karena nantinya bisa menghasilkan warna hitam yang alami. Meskipun memiliki warna hitam namun jangan salah karena kenyataannya jenis beras yang satu ini mengandung berbagai macam vitamin juga mineral. Bahkan jika dicium aroma dari beras tersebut jauh lebih wangi alami dibandingkan dengan beras pada umumnya. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa beras yang kaya akan kandungan flavonoid ini juga bisa menjadi anti aging alami atau mencegah terjadinya penuaan dini. Sehingga dari segi harganya sendiri tak memungkiri cukup mahal. Banyak dijual di toko online, khususnya bagi Anda yang kebingungan ingin membelinya.
  2. Beras merah, jenis yang lainnya adalah beras merah, warna merahnya sendiri tak terlalu pekat, kaya akan berbagai kandungan gizi. Pada tahun 2800 an bahkan beras yang satu ini banyak dimanfaatkan oleh para tabib sebagai obat, mengingat kandungan gizinya yang sangat tinggi, terapi juga bagi mereka yang bermasalah dengan diabetes dan juga berat badan. Sebagian besar diantara kandungan bermanfaatnya adalah karbohidrat kompleks, kemudian juga fiber, vitamin B, B6 hingga B12 yang berkhasiat untuk pembentukan energi.
  3. Beras coklat, beras yang satu ini memiliki warna peralihan antara merah dan juga hitam, warna alami yang mirip seperti beras ketan, tak hanya bergizi, melainkan jika dilihat dari rasanya juga enak, bisa membangkitkan selera makan. Beras dengan warna coklat ini agaknya juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan beberapa jenis makanan ringan seperti diantaranya adalah roti. Rasanya jauh lebih kenyal dibandingkan dengan tekstur beras lainnya. Itulah yang membuat produsen roti lebih banyak yang memanfaatkan beras ini.

Baik itu beras organik merah, hitam maupun coklat semuanya diperkaya akan kandungan gizi yang tinggi, sehingga pastikan bahwa Anda menggunakannya sebagai terapi guna menjaga kesehatan tubuh. Konsumsinya secara teratur jauh lebih disarankan dibandingkan dengan beras putih biasa, namun bisa juga disiasati dengan cara mengkonsumsi secara bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>