Bahaya Mengkonsumsi Jengkol Bagi Ibu Hamil

person adminfolder_openKesehatan, Kulineraccess_time September 5, 2018

3. Apa saja efek samping bagi ibu hamil saat mengkonsumsi jengkol

Jengkol selain rasanya yang enak juga memiliki berbagai macam kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun jengkol juga bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan yang bisa mengganggu kesehatan pada tubuh, terutama bagi kesehatan pada ibu hamil.

Jengkol mengandung asam jengkolat yang kalau dilihat dengan menggunakan mikroskop bentuknya akan nampak seperti kristal. Asam jengkolat ini bersifat sama dengan uric acid(asam urat), yang kalau dalam konsentrasi tinggi bisa menyebabkan kristal-kristal dalam urine.

Jadi, jengkol kalau dikonsumsi secara berlebihan atau pada orang dengan kondisi tertentu, kristal-kristal ini menjadi lebih mudah menyatu. Hal inilah yang mengakibatkan susah buang air kecil atau terasa sakit pada saat buang air kecil. Adapun jumlah asam jengkolat dalam jengkol berkisar 1-2% dari beratnya. Oleh sebab itu kalau anda sedang makan jengkol, sebaiknya jangan langsung dihabiskan satu piring tetapi harus dikurangi dan jangan lupa meminum air puti secukupnya setelah kita mengkonsumsi jengkol tersebut, agar supaya kristalnya tidak mudah menyatu dan bisa dikeluarkan.

Dan bagi anda yang sedang hamil, sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi jengkol. Cukup hanya mengkonsumsi 1-3 biji jengkol saja. Dan bagi anda yang ingin air seninya tidak bau jengkol pada saat buang air kecil, anda bisa meminum Vitamin B Kompleks, karena Vitamin B Komplek ini bisa mengurangi bau jengkol pada air seni kita. Akan tetapi, bukan berarti juga bahwa jengkol ini menjadi momok yang menakutkan bagi para ibu hamil. Buktinya, jengkol untuk ibu hamil juga banyak memiliki manfaatnya lho. Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Mengatasi sembelit

Manfaat pertama dari mengonsumsi jengkol bagi para ibu hamil, yakni dapat mengatasi sembelit. Mengapa bisa demikian? Hal itu dikarenakan jengkol memiliki kandungan probiotik, yang bagus untuk sistem pencernaan.

  1. Menjadi Sumber Energi

Kondisi stamina tubuh wanita hamil itu mudah merasa lelah. Namun dengan mengonsumsi jengkol yang sesuai porsinya, maka stamina tubuh ibu hamil akan kembali pulih.

  1. Bagus Untuk Perkembangan Janin

Siapa sangka bahwa dengan mengonusmsi jengkol ini sangat bagus untuk perkembangan janin pada wanita hamil. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, jengkol ini juga dapat memelihara kesehatan tulang dan gigi pada bayi saat masih didalam rahim.

Itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari mengonsumsi jengkol bagi para ibu hamil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>