Probiotik Meskipun Baik Bagi Tubuh, Jika Berlebihan Juga Bisa Memicu Efek Samping Ini!

person penulisfolder_openKesehatanaccess_time March 22, 2019

Probiotik untuk kesehatan saluran cerna adalah bakteri baik yang hidup di usus manusia, berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan dan juga berguna di dalam melawan bakteri patogen yang ikut masuk kedalam tubuh, biasanya karena makanan atau minuman yang tidak sehat. Setiap orang pada dasarnya memang membutuhkan probiotik ini di dalam dirinya, sehingga tidak heran seandainya banyak yang kemudian mengkonsumsi suplemen dan sejenisnya hanya untuk mendapatkannya.

Padahal sebenarnya probiotik juga bisa didapatkan secara alami, melalui beberapa jenis makanan hasil fermentasi, layaknya tempe, yogurt maupun kimchi yang bisa dengan mudah dijumpai. Karena jika sampai kekurangan bakteri baik ini di dalam tubuh, nantinya beresiko menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti diantaranya adalah keracunan, mudah sakit atau kekebalan tubuh menjadi lemah dan sebagainya. Lalu bagaimana jika seandainya jumlah yang ada di dalam tubuh justru berlebihan? Tentu saja akan ada beberapa efek samping yang dirasakan, diantaranya adalah:

  1. Alergi, terlalu banyak probiotik yang ada di dalam tubuh nyatanya juga beresiko tinggi menyebabkan reaksi alergi, sebut saja diantaranya adalah kulit menjadi gatal-gatal, muncul ruam dan sejenisnya. Sehingga pastikan untuk segera berkonsultasi ke dokter jika mengalami kondisi tersebut.
  2. Masalah pada pencernaan, selain alergi karena probiotik ini membantu di dalam merangsang metabolisme tubuh, maka jika jumlahnya terlalu berlebihan akan menyebabkan gangguan pada pencernaan, layaknya perut kerasa kembung, sering buang angin atau bahkan juga diare.
  3. Komplikasi karena pemakaian obat-obatan tertentu, karena pada dasarnya probiotik sendiri adalah bakteri, sehingga ada beberapa jenis obat-obatan misalnya adalah antibiotik yang juga terbuat dari bakteri yang jika nanti dikonsumsi, bisa memicu reaksi komplikasi.
  4. Infeksi, hal ini juga sangat mungkin terjadi, meskipun kasusnya cukup sedikit, jika seandainya terlalu banyak kadar probiotik dalam tubuh, maka menyebabkan infeksi dengan masalah imuns atau kekebalan tubuh.

Karena itu sebaiknya jangan menggunakan suplemen probiotik jika seandainya jumlahnya dalam tubuh sudah banyak, atau lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena meskipun probiotik untuk kesehatan saluran cerna sangat bagus, namun juga ada efek sampingnya jika berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>