Daniel Dejayadi

Personal life story of Indonesia's millenial kid

Beberapa Macam Sayuran Makanan Rebus yang Sehat untuk Anda

Makanan rebus merupakan makanan yang diolah dengan menggunakan air dan sedikit tambahan garam sebagai penyedap rasanya. Makanan ini tentu lebih sehat karena tidak mengandung minyak dan tetap menjaga kandungan nutrisi didalamnya.

Makanan yang sering direbus biasanya adalah sayuran. Sayuran yang baik dan sehat untuk jiwa manusia diolah dengan cara rebusan dan air rebusannya dapat dikonsumsi untuk nasi.

Berikut adalah beberapa macam sayuran rebus diantaranya:

Wortel, dengan menambahkan garam dan lada sesuai selera, baik untuk mata dengan kandungan gizi wortel yang kaya akan vitamin A dan C, vitamin lainnya dapat lebih maksimal untuk diserap dalam tubuh.

Kentang, mengonsumsi lebih sedikit kalori sehingga cocok untuk yang sedang diet, memiliki kandungan vitamin B kompleks, kandungan ini mampu membantu sejumlah sel darah yang ada di dalam tubuh, kentang ini juga mampu mengurangi karbohidrat, energi yang ada dalam kandungan protein.

Bayam, memberi manfaat maksimal saat direbus dengan kandungan berbagai vitamin yang mencegah rematik, mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia, menjaga agar mata tetap sehat, melawan penyakit jantung, mengurangi resiko terkena kanker dan menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, ada juga brokoli dengan tambahan minyak zaitun ke dalam air rebusan dan mengkombinasikan dengan rasa olahan minyak atau bumbu yang diinginkan. Manfaatnya untuk menjaga sistem pencernaan dan sumber antioksidan.

Kembang kol yang dapat mencegah perut dari infeksi yang menyebabkan bisul dan menjaga kesehatan usus dan mampu mencegah penuaan dini. Buncis dengan vitamin dan nutrisi sehingga lebih renyah saat dikunyah dan cocok untuk pengidap diabetes.

Berikut adalah alasan pentingnya olahan sayur rebusan pada makanan diantaranya:

  • Membantu menurunkan berat badan, sayuran rendah kalori dan tinggi nutrisi serta air, konsumsi sayur rebus memastikan makanan bebas lemak dan mengandung serat dalam jumlah tinggi.
  • Mencegah asam lambung, sayuran tak memerlukan sedikit asam lambung untuk mencerna makanan tetapi juga membersihkan dari perut dan menurunkan resiko asam lambung.
  • Pengobatan dan melindungi batu ginjal, sayuran rebus dapat digunakan untuk mencegah komplikasi kesehatan, air mendidih menghilangkan 87% oksalat dan membantu pengobatan batu ginjal.
  • Mudah dicerna, karena sayuran dalam air mendidih memecah senyawa komplek dalam bentuk sederhana sehingga mudah dicerna dan mudah dikunyah sehingga mudah dikonsumsi penderita masalah demam atau diare.

Sayuran sebagai makanan rebus memiliki manfaat lainnya yaitu membuat kulit sehat karena mengandung kadar air yang tinggi dan nutrisi penting seperti antioksidan dan senyawa antiinflamasi.

Meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menggunakan wortel yang direbus lalu dioleskan di kepala dan dilakukan secara teratur untuk hasil yang efektif. Makanan bayi seperti kentang rebus dan tumbuk menjadi makanan yang membuat perut lebih kenyang dan nutrisi lebih terpenuhi.

Admin

Back to top