Daniel Dejayadi

Personal life story of Indonesia's millenial kid

Cara Membersihkan Perlengkapan Makan Bayi Secara Tepat

Perlengkapan makan bayi dan alat minumnya harus selalu dibersihkan dengan sebelum digunakan kembali oleh buah hati. Peralatan bayi untuk memenuhi keperluan makan dan minum dapat berupa wadah penyimpan ASI, botol susu, pompa ASI dan lain sebagainya.

Pastikan baahwa semua alat-alat tersebut selalu bersih dan pastinya steril. Karena jika tidak maka bayi Anda akan sangat rentan untuk terserang berbagai macam virus dan bakteri yang memicu serangan dari penyakit-penyakit tertentu. Lantas bagaimana cara yang paling tepat untuk dapat membersihkan semua peralatan makan serta minum bayi?

Ada berbagai macam cara yang digunakan untuk mensterilkan berbagai perlengkapan minum serta makan bayi. Dalam hal ini Anda dapat mencoba untuk menerapkannya sesuai dengan kemudahan maupun kepraktisannya.

Dengan demikian akan tetap dapat mendukung cara sterilisasi semua jenis peralatan bayi Anda. Dibawah ini merupakan panduan sterilisasi peralatan makan dan minum buah hati menggunakan sistem pemanasan dengan alat sterilisasi. 

Peralatan yang akan digunakan sebelumnya dicuci menggunakan sabun. Rak yang akan digunakan untuk menyusun berbagai macam peralatan tersebut harus dipastikan telah dalam keadaan steril. Guna penyusunan alat yang sesuai dengan kebutuhan sebaiknya patuhi segala petunjuk yang ada.

misalnya saat meletakkan botol, garpu, sendok, sedotan fleksibel, dot dan material silicon pompa ASI disesuaikan dengan rak yang sebelumya telah disiapkan. Penggunaan yang tidak tepat dengan petunjuk akan memberikan dampak pada kurang optimalnya manfaat proses sterilisasi yang sudah Anda lakukan.

Proses yang satu ini membutuhkan waktu paling tidak 4 hingga 9 menit. Setidaknya dengan cara ini Anda dapat menjaga kebersihan perlengkapan makan bayi secara tepat.

Memeriksa semua benda yang dimasukkan dalam peralatan steril juga perlu Anda lakukan. Sangat perlu untuk Anda ketahui jika tidak semua bahan atau material pembuatan peralatan bayi mampu bertahan dengan baik ketika terkena suhu panas.

Oleh karena itu Anda harus mampu membaca jeli semua peringatan yang tercantum pada kemasan peralatan makan maupun minum milik buah hati Anda. Selain itu, lebih baik ketahui juga berapa suhu maksimum yang dianjurkan untuk melakukan sterilisasi peralatan makan dan minum bayi.

Untuk yang terakhir adalah membersihkan peralatan sterilisasi panas yang digunakan, terutama di bagian yang dapat mengalirkan panas. Cara paling praktis yang dapat Anda terapkan adalah dengan dua hingga tiga bulan sekali merendam peralatan sterilisasi tersebut ke dalam larutan baking soda.

Dengan cara yang satu ini Anda akan lebih menghemat aliran energi panas yang merupakan elemen paling penting di dalam proses sterilisasi panas untuk perlengkapan makan bayi dan perlengkapan minumnya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini, karena bayi memiliki daya tahan tubuh yang masih sangat rentan.

Admin

Back to top