Daniel Dejayadi

Personal life story of Indonesia's millenial kid

Perlengkapan Makan Bayi yang Paling Penting dan Tips Membersihkannya

Setelah lebih dari 6 bulan, Anda bisa mulai memberikan bayi Anda makanan lain selain ASI (Air Susu Ibu) eksklusif, dimulai dari susu formula dan makanan yang lembut seperti bubur. Ini berarti, Anda akan memerlukan perlengkapan makan bayi yang baru, yang kuat dan menarik baginya, dan sudah sesuai dengan standar kesehatan dan keamanan yang berlaku.

Bagi Anda yang bingung mencari apa saja peralatan makan yang diperlukan oleh bayi Anda, mulailah dari perlengkapan berikut:

  • Cangkir

Cangkir yang digunakan untuk bayi adalah jenis sippy cup. Ajari bayi menggunakan cangkir ini untuk minum sejak dia berusia 6 bulan sehingga semakin mudah disapih. Pilih yang memudahkan bayi menghirup susu dan tidak mudah bocor.

  • Mangkuk dan piring

Untuk memberikan makanan sebagai pendamping ASI, Anda akan membutuhkan keduanya. Gunakan bahan dari plastik yang ringan dan kuat, dan punya warna yang cerah.

  • Sendok

Sendok yang harus Anda pilih adalah yang punya soft-tip, bahannya lembut, tumpul, dan mudah dipegang oleh bayi Anda.

Selain perlengkapan makan bayi yang penting di atas, Anda juga bisa menyiapkan botol susu dan dot, atau botol susu yang punya ujung berbentuk sendok, kursi makan untuk si bayi itu sendiri, dan perlengkapan untuk membersihkannya (sterilizer, penjepit, sikat cuci, dll.). Semua itu bisa Anda temukan dengan mudah di toko-toko bayi di department store, atau di toko online.

Berbicara tentang perlengkapan makan, Anda tentu harus sangat berhati-hati ketika membersihkannya. Anda mungkin sudah tahu tentang bagaimana memilih peralatan makan yang aman, tetapi tahukah Anda cara mencucinya dengan baik? Perhatikan ini:

  • Merebus

Cara sederhana ini bisa dilakukan tanpa peralatan khusus, langkahnya:

Isi panci besar dengan air, dan masukkan peralatan makan.

Tutup panci, dan nyalakan kompor, tunggu air mendidih.

Diamkan 10 menit. Anda bisa menyimpan botol dan piring di dalamnya selama 6 jam.

  • Sterilisasi dingin

Beli tablet atau cairan untuk sterilisasi di supermarket, tuangkan ke air.

Masukkan peralatan makan ke dalam larutan selama minimal 30 menit.

Larutan steril bisa dipakai selama kurun waktu 24 jam.

  • Penguap elektronik

Isi dasar penguap dengan air dingin (200 ml).

Letakkan botol dengan posisi telungkup.

Tutup rapat, nyalakan mesin, biarkan 5-10 menit.

Anda bisa menyimpan botol di dalamnya selama 6 jam, selama tutupnya tak dibuka.

Perlengkapan makan bayi juga bisa dibersihkan dengan memanfaatkan microwave jika Anda tidak ingin menggunakan penguap elektronik. Namun selain membersihkan dengan teliti, pastikan bahwa perlengkapan untuk bayi Anda memang sudah aman, mudah dibersihkan, dan tidak terbuat dari bahan yang berbahaya. Pilih yang ujungnya tumpul dan mempunyai warna cerah, sehingga bayi tertarik menggunakannya.

Admin

Back to top