Daniel Dejayadi

Personal life story of Indonesia's millenial kid

Tips Merawat Sepatu Futsal

Cabang olahraga kaki seperti sepak bola memiliki banyak penggemar di dunia. Dengan berbagai macam pertandingan dari kelas kampung hingga kelas dunia, semua laris manis oleh pemirsa yang selalu menikmati permainan kaki para pemainnya dalam menggiring bola. 

Namun tidak hanya sepak bola, ada satu olahraga kaki lagi yang begitu diminati kawula muda saat ini yaitu futsal. Dengan hanya terdiri dari 5 orang pemain tiap regunya dan menggunakan lapangan ukuran lebih kecil, olahraga ini dinilai lebih efektif dilakukan siapa saja. Belakangan tren olahraga futsal membuat persewaan lapangan futsal serta sepatu futsal laris manis di pasaran.

Bagi para pemain futsal, memiliki sepatu khusus olahraga ini merupakan keharusan mengingat lapangan untuk berlari menggunakan material rumput sintetis. Jika para pemain menggunakan sepatu biasa, tentu saja performa di lapangan tidak optimal karena sepatu biasa cenderung licin dipakai berlari. 

Demi kenyamanan dalam memakai sepatu, tentu ada perawatan khusus yang bisa menjadikan sepatu tetap nyaman dipakai dan tahan lama. Berikut ini beberapa tips merawat sepatu untuk olahraga futsal, yaitu:

  • Jangan sering dicuci

Meskipun menjaga kebersihan sepatu adalah hal yang bagus, namun mencuci sepatu dengan intensitas yang sering beresiko membuat serat luar dan dalam sepatu cepat koyak.

  • Mencuci dengan tangan

Mesin cuci memang membuat aktivitas mencuci menjadi menyenangkan dan bebas lelah, karena tanpa mengucek, baju dengan sendirinya sudah bersih. Namun mencuci sepatu futsal dengan mesin cuci tentu adalah kesalahan yang sangat fatal karena bisa mengakibatkan sepatu rusak berat. Untuk itu cucilah sepatu secara manual saja. Sepatu cukup di lap menggunakan kain basah dan bersihkan bagian luarnya saja. Untuk kotoran atau noda yang menempel di sol, maka gunakanlah jarum atau benda lain untuk mencongkel noda-noda tersebut. Menggunakan sikat juga diperbolehkan, tapi jangan terlalu keras agar sol tetap awet.

  • Jemur di tempat teduh

Setelah dirasa bersih, sepatu yang telah dicuci cukup di jemur di tempat yang teduh. Menjemur sepatu di paparan sinar matahari secara langsung memungkinkan warna sepatu cepat memudar. Selain itu, beberapa bahan sepatu tidak cukup kuat untuk menerima paparan cahaya matahari karena seperti telah diketahui, umumnya olahraga futsal berada dalam ruangan atau lapangan indoor.

  • Kamper

Menyimpan sepatu juga hal penting untuk menjaga kualitas sepatu tetap awet dan tahan lama. Simpanlah sepatu dalam lemari atau tempat sepatu. Disarankan untuk memasukkan kamper atau silica gel agar menghindarkan bakteri dan jamur berkembang di dalam sepatu yang cenderung lembab.

  • Shoe tree

Menyumpal sepatu dengan koran atau kertas bekas sudah bukan jamannya lagi. Demi menjaga bentuk dan menghindarkan sepatu dari kerutan, Anda bisa menggunakan shoe tree atau penyangga sepatu. Caranya adalah dengan memasukkan shoe tree ke dalam sepatu yang berfungsi untuk mencegah sepatu dari kerutan, mempertahankan bentuk asli sepatu dan beberapa shoe tree memiliki fungsi menyerap kelembaban dalam sepatu.

Itulah beberapa tips merawat sepatu futsal andalan. Perawatan terhadap sepatu harus dilakukan secara berkala demi menjaga sepatu bertahan lama dan tetap nyaman. Hindari menyumpalkan kaus kaki ke dalam sepatu setelah permainan futsal berakhir karena bisa tumbuh banyak jamur dan bakteri. 

Beberapa merk sepatu telah tersedia di banyak toko olahraga sekitar Anda. Menjaga dan merawat sepatu olahraga tentu harus dilakukan mengingat sepatu adalah penopang utama kaki Anda.

 

Admin

Back to top