Daniel Dejayadi

Personal life story of Indonesia's millenial kid

Apakah Bisa Kita Untuk Mencegah Kanker Ovarium ?

Tidak ada cara yang diketahui secara pasti untuk mencegah kanker ovarium; Namun, ada beberapa hal yang dapat membantu mengurangi risiko diagnosis penyakit secara signifikan. Sebagai contoh:

  1. Bila seorang wanita telah mengkonsumsi pil anti kontrasepsi selama lebih dari 10 tahun, maka kemungkinan didiagnosis dengan kanker ovarium turun secara signifikan.
  2. Ligasi tuba, di mana tuba falopi diikat dengan pembedahan untuk menutupnya, telah dikenal selama bertahun-tahun untuk mengurangi risiko terkena penyakit.
  3. Diyakini bahwa pengangkatan lengkap salah satu, atau kedua tuba falopi (salpingektomi, tubektomi) juga mengurangi risiko (praktik yang lebih baru).
  4. Pengangkatan ovarium juga mengurangi risiko terkena kanker ovarium; Namun, hal itu meningkatkan kemungkinan didiagnosis dengan penyakit jantung.

Pengangkatan ovarium biasanya tidak dianggap sebagai pilihan terbaik bagi banyak wanita; Namun, ini digunakan dalam keadaan tertentu di mana mungkin ada risiko genetik atau riwayat keluarga, meskipun biasanya tidak ketika pasien berusia di atas 60 tahun.

Pengangkatan ovarium adalah praktik yang baru-baru ini berubah, karena penelitian terbaru sekarang menunjukkan bahwa pengangkatan ovarium pascamenopause dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan, karena kebanyakan kanker ovarium sebenarnya berasal dari saluran tuba.

Meskipun bukti baru ini mungkin menunjukkan bahwa membuang tuba falopi sepenuhnya akan mencegah penyakit, sebenarnya tidak demikian. Sebagai kanker peritoneal primer, dalam banyak kasus sebenarnya bisa muncul dari panggul setelah pengangkatan ovarium.

Jika terdapat kelainan genetik (BRCA atau Lynch Syndrome [mutasi]), atau risiko dari riwayat keluarga kanker ovarium, maka pengecualian dapat dipertimbangkan, di mana tuba falopi dan ovarium dapat diangkat.

Ketika kelainan genetik hadir, risiko didiagnosis dengan kanker ovarium sangat tinggi, membuat risiko didiagnosis dengan penyakit jantung tidak terlalu menjadi masalah, meskipun masih menjadi pertimbangan serius.

Namun, jika histerektomi dipertimbangkan untuk alasan apapun, pengangkatan tuba falopi hampir pasti akan direkomendasikan. Ada beberapa keraguan di mana pengangkatan ovarium akan benar-benar bermanfaat juga.

Ini bukan hanya ide yang bagus, tetapi juga sangat disarankan bagi wanita mana pun yang peduli dengan kemungkinan mereka berisiko terkena kanker ovarium, bicarakan dengan dokter mereka, atau konselor genetik untuk meminta nasihat.

Admin

Back to top